Sunday, December 6, 2009

The 3rd Indonesia Consumunity Expo 2009


Seiring perkembangan zaman, kehidupan sebuah komunitas kini semakin banyak diperbincangkan di beberapa negara. Seperti halnya sebuah kehidupan, sebuah komunitas selalu terjadi interaksi dengan sesama dan membutuhkan hal baru yang energik dan inovatif. Sebuah komunitas dapat dijadikan ajang kreativitas bagi para remaja dan pemuda khususnya di Indonesia ini, karena itu amat disayangkan apabila mereka tidak menghasilkan karya, padahal apabila mereka bisa menyumbangkan karya, tentunya akan membuat komunitas tersebut semakin berkembang.
Kali ini kami mengunjungi sebuah event yang bisa dikatakan mewakili seluruh komponen komunitas yang ada di Indonesia. Tak tanggung-tanggung event yang bertajuk The 3rd Indonesia Consumunity Expo 2009 ini bisa membuat berkumpulnya komunitas dari musik, olahraga, hobi, eksekutif muda dan banyak beberapa komunitas yang belum biasa kita lihat.

Dari penelusuran kami, selama event ini berlangsung beberapa komunitas ini menampilkan kebolehannya di arena yang telah ditentukan panitia dan membuat para pengunjung terhibur, seperti terlihat pada beberapa “tentara Jerman” yang berlalu lalang dan para tokoh Jepang yang sibuk dengan kimononya. Di event ini ada pula sepeda dengan tenaga uap yang dihadirkan dari komunitas ontel. Unik bukan?


Tak kalah menariknya hadir beberapa anak muda dengan semangatnya dan energiknya membuat sebuah gerakan gerakan-piramida yang ternyata itu adalah lomba cheerleaders yang dihadiri oleh partisipan dari beberapa kota. Tentunya tidak ketinggalan partisipasi dari rekan-rekan BMXer dari Asosiasi BMX Indonesia.

Di akhir perjalanan kami bertemu dengan salah satu pengkonsep acara ini, yaitu Bapak Dr. Eka Ardanto.”Ide awal saya adalah karena saya melihat mengapa komunitas ini diabaikan, dianggap narsis, dan dianggap tidak benar. Padahal mereka ini secara tidak langsung telah memberikan sebuah kontribusi yang positif.” katanya.

Adapun yang saya harapkan dari kegiatan ini adalah sebuah terjalinnya sebuah persahabatan. Saya membayangkan saya ini sedang berada di sebuah perumahan dimana tenda-tenda komunitas ini ialah sebuah rumah mereka yang akan dikunjungi oleh tamu- tamunya di mana mereka akan menjaga lingkungannya sehingga komunitas ini bermanfaat dan komunitas ini bisa mendunia.” lanjut
nya menjelaskan.

Beberapa data dan fakta tentang The 3rd Indonesia Consumunity Expo 2009:
  • ICE merupakan ajang dimana masyarakat (termasuk konsumen), produsen, serta komunitas itu sendiri berkumpul dalam satu ajang yang disebut Intercommunity (Kumpul Bareng Komunitas).
  • Untuk memfasilitasi acara ICE ini, Prasetiya Mulya Business School bekerja sama dengan Kelompok Media Bisnis SWA, Kelompok Media Kompas Gramedia, Radio Smart FM, dan Metro TV.
  • Bagi Prasetiya Mulya Business School, keberadaan komunitas tidak hanya dibentuk untuk kumpul-kumpul sesame penggemar suatu hobi tertentu saja, tetapi lebih dari itu, komunitas berkontribusi pada produsen atau pebisnis, masyarakat, dan komunitas lainnya.
  • Consumunity (Konsumunitas) berasal dari dua kata yaitu konsumsi dan komunitas. Consumunity digagas oleh Dr. Eka Ardianto dan Prof. Agus W. Soehadi (keduanya merupakan Faculty Member Prasetiya Mulya Business School)
  • ICE pertama kali diadakan pada tanggal 15 Desember 2007 diikuti oleh 40 komunitas di Plaza Timur Gelora Bung Karno Senayan.
  • ICE yang kedua diikuti oleh 78 komunitas di Plaza Utara Gelora Bung Karno Senayan.
  • ICE 2009 pada tanggal 21-22 November 2009 di Plaza Timur Gelora Bung Karno Senayan diikuti oleh 140 komunitas.
  • Berbagai acara diadakan mulai dari live band performance, tips dari komunitas, free-style, futsal, pameran dan penjualan merchandise komunitas, bazaar, dsb.
  • ICE 2009 disponsori oleh Yamaha dan BCA serta didukung oleh Kompas, Warta Kota, Otomotif, Motor, Bola, Bolavaganza, Gaya Hidup Sehat, Yes TV, Teh Botol, Coca Cola, Green Sands.
Kemanapun kita pergi keberadaan suatu komunitas itu akan saling menghargai dengan walaupun berbeda-beda. Event ini berkontribusi untuk memajukan regenerasi dari sebuah komunitas. Semoga event yang telah terselenggara di tiap tahun ini dapat menjadikan komunitas ini lebih termotivasi untuk merubah bangsa ini menjadi bangsa yang hebat dengan sejuta karyanya. Salam kreatif untuk para komunitas di Indonesia.


asosiasibmx.com

1 comment: